Setelah melewati 4 Sidang Priview dengan Dosen Penguji yang berbeda - beda.
Cukup luar biasa Deg- Degan nungu dapet Dosen Penguji di Sidang besar Kenari. Akhirnya bagi yang lulus ( Tapi karena kan udah digodog 4 kali sidang priview, jadinya kayaknya lulus semua. )
Apa aja yang harus dilakukan sehabis sidang? Ini kurang lebihnya :
( Kalau keterangan loket ada di lapangan )
( Jadwal loket bisa berganti-ganti coba di cek dulu dilapangan fotoin aja satu - satu ,
Soalnya gua liat blog anak gundar juga EEEHHH jadwalnya ada yang udah beda hari sama jam!!!)
1. Bayar blanko Wisuda ( Bank DKI )
Kalo saya dapet blanko sehabis pengumuman di Kampus Kenari.
Bayar blankonya di bank DKI dan" Nanti foto kopi buat Bebas keuangan kedua " soalnya nanti dimintain.
2. Daftar Wisuda ( Loket 19-20 )
Sehabis bayar, Daftar wisuda ke loket 19-20 serahin blanko wisuda warna merah nanti dipanggil
dan Dapet Blanko Pendaftaran Wisuda ( beda lagi ) dan " yang putih nanti dipakai untuk ngambil undangan wisuda" " yang merah dipakai untuk mengambil Toga".
3. Pengambilan Toga
( Sebelah tempat pemeriksaan Kesehatan )
Jadwal bukanya sama seperti loket pendaftaran wisuda. Kasih yang blanko pendaftaran wisuda warna merah terus nanti dikasih toganya yang ngasih udah tau nanti ukurannya apa, cuma beda panjangnya toga, ukurannya sama semua.
Disana juga ada formulir untuk foto tambahan dan lain - lain, minta aja formulirnya ada keterangannya, kalau tertarik bisa transfer uangnya terus nanti dikasih kwitansi.
4. Bebas Keuangan Kedua ( Loket 25 - 28 )
Kalo untuk tahun ini loketnya buka kecuali hari rabu ( khusus ngambil kelebihan keuangan) sama minggu. Yang dikasih itu :
- Lembar bebas keuangan yang dikasih pas ngurus bebas keuangan pertama (yang ASLI )
- Blanko semester terakhir
- KRS semester Terakhir
- sama fotokopi blanko wisuda.
Dapet deh cap pengurusan bebas keuangan kedua dan surat jadwal sidangnya dapet cap juga dari bagian bebas keuangan Kelebihan keuangan bisa diurus nanti setelah wisuda.
5. Revisi
Setelah sidang nanti dikasih lembar revisian per Dosen Penguji. Nah kalau jurusan gua sendiri harus di OK-in lembar revisi ke setiap dosen penguji ( datengin satu - satu minta di OK-in ).
Kebetulan kalau gue lancar - lancar aja alhamdulillah.
6. HARDCOVER
Bikin 2 ( buat Universitas dan Jurusan ) dan kalau kalian juga mau jadinya bikin 3. Jangan lupa talinya warna biru tua ( sesuai fakultas ). " Setelah itu minta ttd Dosen Pembimbing ".
7. Kasih Hardcover ke Jurusan
Habis hardcover di ttd oleh Dosen pembimbing, maka sudah bisa dikasih kebagian jurusan untuk mendapatkan ttd dan Cap dijurusan di form bebas perpustakaan jurusan.
8. Upload Jurnal dan PPT
Upload kayak sebelumnya ( kayak KP ) bedanya ada satu lagi jurnal.
Pas Upload Jurnal ( Perlu diperhatikan ):
- Bagian atas habis nama di kasih NPM ( nama / NPM. Atasnya Abstrak )
- Format Bebas ( Rata kiri dan kanannya bebas )
- Upload 2 format ( Pdf dan Doc ). Kalau gua ini ukuran filenya yang pdf < 2 MB tapi yang jurnal 3 MB dapetnya soalnya banyak gambar.
-Dari Pendahuluan sampai Daftar Pustaka dibuat jadi 2 kolom.
Nanti pas lagi upload nanti kan milih presentasi sidang dan muncul data presentasi KP ( data yang KP jangan diapa - apain ) di tambahin aja sama presentasi sidang sarjana yang udah dibuat dan jangan lupa pake template gundar.
Jangan lupa cetak bukti upload jurnal dan Presentasinya.
9. Verifikasi Upload Jurnal dan PPT
Bawa " HARDCOVER yang sudah di ttd Dosen Pembimbing " Kalau bener nanti dapet cap perpus bukti uploadnya.
10. Tanda Tangan Ketua Bagian Sidang Ujian ( Loket 13 - 16 )
Yang di bawa :
- Lembar Revisian ( yang udah dapet OK dari ketiga Dosen Penguji )
- Bukti upload jurnal dan presentasi ( Yang sudah di cap oleh perpus )
- Hardcover yang udah di ttd Dosen Pembimbing
Kalo pas itu gara - gara penuh, yang minta ttd sama ngambil ada di loket 13. Tinggal kasih aja hardcovernya sama lembar revisian dan bukti upload taruh di dalamnya " Enggak usah ditumpuk!!". Jangan lupa diliat punya kalian bener atau enggak soalnya kalo enggak dipanggil berarti enggak ada masalah dan bisa pulang terus tunggu kira-kira 3 - 5 hari. Ambilnyapun enggak usah ditumpuk kasih aja KRS ke yang jaga bilang mau ngambil hardcover
11. Upload Laporan Skripsi
Nanti Scan lembar pengesahan dan dipisah - pisah seperti upload laporan KP. Untuk yang teknik arsitektur kan ada 6 bab. Nanti pas upload Bab 5 dan 6 dipisah dan didefinisikan Bab 5 dua-duanya biar jadinya urut.
12. Verifikasi Laporan Skripsi
Bawa " HARDCOVER yang sudah di ttd Dosen Pembimbing dan Ketua Bagian sidang " Kalau bener nanti dapet blanko sumbangan buku dan Hardcovernya dapet cap perpus.
13. Bayar Sumbangan Buku
Nanti setelah dapet blanko, kalo engga penuh langsung aja dibayarin. Nanti taruh blanko sama surat jadwal sidang didalem Hardcover terus nanti harcovernya diambil, blanko sama surat jadwal sidangnya dikasih cap.
Sampai sini disurat jadwal sidang udah dapet 2 cap yaitu dari bebas keuangan dan perpus.
14. Daftar di UG CAREER
Daftar di UG Career terus register as job seeker isi data dll disana terus nanti dapet verifikasi udah daftar berupa barcode nanti dikirim melalui email jangan lupa cek spam. Jadi Enggak usah ke bagian UG CAREER lagi "soalnya barcode SEBAGAI PENGGANTI CAP di surat jadwal sidang ".
15. Yang Terakhir ngambil Ijazah ( diambil setelah wisuda )
- Surat jadwal sidang lengkap ( tidak ada tulisan SP dan sudah dapat 2 cap ) asli
- Blanko sumbangan buku yang sudah dicap ( sudah bayar dan dikasih ke pihak perpus ) asli
- Bukti Verifikasi sudah daftar di UG Career ( Barcode )
- Blanko pembayaran wisuda asli
-Surat bebas perpus jurusan asli
Sebenernya ada STLS tapi kayaknya langsung dapet ijazah dan setau gua 2 bulan dari tanggal sidang. Gua sih sidang tanggal 10 September terus dapet wisuda tanggal 23 Oktober.
Dari grup jurusan bilang udah jadi tapi pas sampai sana ternyata belum. Katanya tunggu proses, tapi enggak dikasih tau harus tunggu berapa hari.
No comments:
Post a Comment