KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya
menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin
penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui tentang ilmu sosial dasar yang yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Apakah ISD Itu?” dan sengaja dipilih karena itulah tema yang harus dibuat untuk tugas softskill agar mahasiswa mengetahui hal-hal apa saja yang berhubunagn dengan ilmu sosial dasar
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui tentang ilmu sosial dasar yang yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Apakah ISD Itu?” dan sengaja dipilih karena itulah tema yang harus dibuat untuk tugas softskill agar mahasiswa mengetahui hal-hal apa saja yang berhubunagn dengan ilmu sosial dasar
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Penulis,
DAFTAR ISI
KATAPENGANTAR................................................................................ ii
DAFTAR ISI................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
DAFTAR ISI................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah........................................................................ 1
1.2 Pembatasan Masalah............................................................................. 1
1.3 Perumusan masalah............................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Kemampuan dan Ilmu Sosial Dasar...................................................... 3
2.2 Latar Belakang Ilmu Sosial Dasar........................................................ 5
2.3 Tema Pokok Perkuliahan Ilmu Sosial
Dasar......................................... 5
2.4 Materi ISD(Ilmu Sosial Dasar)............................................................. 5
2.5 Pengertian.............................................................................................. 6
2.6 Tujuan.................................................................................................... 6
2.7 Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar.......................................................... 7
2.8 Pengertian Masalah Sosial.................................................................... 9
2.9 Contoh Masalah Sosial.......................................................................... 9
BAB III PENUTUP.
3.1
Simpulan................................................................................................ 10
3.2 Saran...................................................................................................... 10
Daftar Pustaka.............................................................................................. 11.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam
kehidupan bermasyarakat ada beberapa unsur yang saling berkaitan
yaitu,individu,keluarga,lingkungan,dan masyarakat.Sehingga sebagai mahasiswa
dituntut mengetahui apa saja hubungan
timbal balik antara keempat unsur tersebut.
Nantinya
mahasiswa akan menjadi tenaga ahli yang akan terjun ke dalam kehidupan
bermasyarakat.Supaya dapat mengaplikasikan ilmunya secara total dan benar
dengan mempertimbaangkan ke empat unsur tersebut.Bisa dikatakan agar lebih peka
terhadap kejadia atau peristiwa social yang sedang terjadi sehingga mungkin
saja bisa membantu kejadian atau peristiwa social yang terjadi.
Selain itu
ilmu sosial dasar juga peting agar mahasiswa tetap cinta tanah air,bangsa dan
negar sehingga dapat membantu pembangunan negara di kemudian hari.Juga agar
mahasiswa menjaga pribadinya menjadi pribadi yang sopan,santun dan tidak
berbuat yang anarkhis.
Judul
makalah ini sengaja dipilih karena itulah tema yang harus dibuat untuk tugas
softskill agar mahasiswa mengetahui
hal-hal apa saja yang berhubunagn dengan ilmu sosial dasar
1.2 PEMBATASAN MASALAH.
Untuk
memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada
masalah :
- Kemampuan dan ilmu sosial dasar
- Latar belakang Ilmu Sosial Dasar
- Tema pokok perkuliahan Ilmu Sosial Dasar
- Materi Ilmu Sosial Dasar
- Pengertian-pengertian Ilmu Sosial Dasar
- Tujuan dipelajarinya Ilmu Sosial Dasar
- Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar
- Pengertian masalah sosial
- Contoh masalah sosial
1.3 Perumusan Masalah.
Berdasarkan
latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas
dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Apakah yang dimaksud Kemampuan dan ilmu sosial dasar?
- Apa latar belakang Ilmu Sosial Dasar?
- Apa tema pokok perkuliahan Ilmu Sosial Dasar?
- Apa saja materi Ilmu Sosial Dasar?
- Apa pengertian-pengertian Ilmu Sosial Dasar?
- Apa tujuan dipelajarinya Ilmu Sosial Dasar?
- Apa itu ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar?
- Apakah pengertian masalah social itu?
- Apa saja contoh masalah sosial?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Kemampuan dan Ilmu Sosial
Dasar
Sebagai
permulaan,dalam kehidupan ada yang namanya Tiga kelompok ilmu pengetahuan,yaitu:
- Ilmu Alam adalah ilmu yang objeknya benda-benda alam dengan Hukum – hukum yang pasti berlaku kapanpun dan di manapun.
- Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.
- Ilmu Terapan adalah ilmu yang mempelajari tentang penerapan pengetahuan lebih dari satu bidang.
Dalam makalah ini saya akan membahas ini saya akan
membahas apa itu Ilmu social dasar yang termasuk dalam 3 kelompok ilmu
pengetahuan seperti yang disebutkan diatas.
Dalam
kehidupan pastinya ada individu,lingkungan,keluarga ,dan masyarakat
Nantinya akan ada suatu timbal balik antara individu dengan
lingkungan,individu dengan keluarga,individu dengan masyarakat,atau hubungan
yang saling berkaitan antara ke empat aspek tersebut.
Untuk itu Didalam
pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilakan sarjana-sarjana yang memiliki
kemampuan yang terdiri atas:
- Kemampuan akademik
Kemampuan
untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun
tulisan dan mampu berpikir logis, kritis, sistematis dan analitis. Memiliki
kemampuan untuk mengedintifikasi dan merumuskan
masalah yang sedang dihadapi.
- Kemampuan profesi
Kemampuan
dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan.
Dan mereka diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam
profesinya.
- Kemampuan pribadi
Tenaga ahli
diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap yang mencerminkan
kepribadian Indonesia,
mengenal dan memahami nilai agama, masyarakat, pancasila serta pandangan luas terhadap
berbagai masalah masyarakat Indonesia.
Dengan
kemampuan-kemapuan tersebut lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana
yang sujana yaitu sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang yang ditekuninya
serta mau dan mampu mangabdiakn keahliannya untuk kepentingan masyarakat Indonesia
dan umat manusia pada umumnya.
Pencapaian
kemampuan akademik dan kemampuan profesi telah diusahakan melalui mata kuliah
kahlian (MKK),yaitu mata-mata kuliah menurut bidang ilmu pengetahuan
masing-masing yang diberikan diperguruan tinggi.ISD disini diberikan untuk
menerapkannya di dalam lingkungan masyarakat.Karena mau tidak mau para sarjana
akan terjun ke dalam masyarakat.Dan harus terlibat ke dalam ke 4 aspek yang
disebutkan diatas (individu,lingkungan,keluarga ,dan masyarakat).
Secara spesifik kemampuan pribadi yang hendak dicapai melalui ISD adalah
bertujuan menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagai
berikut:
- Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakkannya mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepripadian yangb tinggi,yang mendahului kepentingan Nasional dank emanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
- Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-bersama mampu berperan serta menibgkatkan kualitasnya,maupun tentang lingkungan alamiah serta bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.
- Memiliki wawasan sejarah perjuangan bangsa , sehingga dapat memperkuat semangat kebangsaan , mempertebal rasa cinta Tanah Air,meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara,mempertinggi kebanggaan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia
- Memiliki wawasan komperhensif dan pendekatan integral di dalam menyingkapi permasalahan kehidupan,baik sosial,ekonomi,politik,pertahanan keamanan maupun kebudayaan.
2.2 LATAR BELAKANG ILMU
SOSIAL DASAR
Banyaknya kritik
yang ditunjukkan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa sistem
pendidikan yang diberikan masih berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan
pemerintah Belanda. Yang pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan tenaga
terampil untuk menjadi tukang yang mengisi birokrasi mereka.
Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi
lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah
tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.
Sedangkan
tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan mempunyai tiga
kemampuan, yaitu personal, akademis dan profesional.
2.3 TEMA POKOK PERKULIAHAN
ILMU
SOSIAL DASAR
Tema pokok perkuliahan ISD adalah
hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungannya.Hubungan tersebut
dapat mewujudkan adanya kenyataan-kenyataa soaial dan masalah-masalah social
yang penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin(interdisiplin dan
atau multidisiplin dengan memanfaatkan pengertian-pengertian(fakta,konsep,teori)
yang berhasal dari lapangan ilmu-ilmu social seperti:sejarah,ekonomi,geografi
social,sosiologi antropologi dan psikologi sosial.
2.4 MATERI ISD
Materi ISD
terdiri dari masalah-masalah social dengan demikian bahan mata pelajaran ISD
dapat dibedakan atas 3 golongan :
1. Kenyataan social yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu., karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
2. Konsep / pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dipahami dalam IPS.
3.Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-keyataan social yang antara 1 dengan yang lainnya saling berkaitan
1. Kenyataan social yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu., karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
2. Konsep / pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dipahami dalam IPS.
3.Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-keyataan social yang antara 1 dengan yang lainnya saling berkaitan
2.5 PENGERTIAN
Ilmu sosial
dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social,khususnya yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian- pengertian
(fakta,konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapanganilmu-ilmu sosial seperti:sejarah,ekoniomi,geografi
social,sosiologi,antropologi,psikologi soaial.
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu social yang
dipadukan,karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memilki obyek dan metode
ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana
suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial lainnya.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang
khusus di rancang di perguruan tinggi.Teganya mata kuliah ilmu sosial dasar di
berikandalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian
umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkajigejala-gejala sosial
agar daya tanggap,persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan
sosialnya dapat ditingkatkan,sehingga lebih peka terhadapnya.
Ilmu sosial
dasar adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan
dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. ISD
memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala
sosial.
2.6 TUJUAN
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dsar umum,Ilmu Sosial Dasar mempunyai
tujuan pembianaan mahasiswa agar:
a) Mahasiswa dapat memahami dan menyadari
adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam
masyarakat.
b) Mahasiswa peka terhadap masalah-masalah
sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c) Mahasiswa menyadari bahwa setiap masalah sosial
yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mendekatinya,mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
d) ISD membantu perkembangan wawasan
penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan
ciri2 kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dgn
sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia2 lain, serta sikap dan
tingkah laku manusia2 lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal
balik.
e) Mahasiswa memahami jalan pikiran para ahli
dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam
rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
f)
Agar mahasiswa memiliki sikap dan tingkah laku
yang baik dalam masyarakat. agar tidak terjadi keributan ataupun kericuhan.
2.7 RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
ISD
meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga2
sosial. Yg terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang
yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran STUDI ISD adalah aspek2 yg
paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah2
yg terwujud dari padanya.
Untu itu Materi Ilmu Sosial Dasar
terdiri atas masalah-masalah sosial.Untuk dapat menelaah masalah-masalah
sosial,hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi
kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.Dengan
demikian Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan dalam tiga golongan yaitu:
·
Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat ,yang secara bersama-sama merupakan masalah
sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh
para ahli ilmu-ilmu sosial,karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu
atau sudut pandangnya.Dalam Imu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan
interdisiplin/multidisiplin
·
Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasaratau elementar saja yang sangat diperlukanuntuk mempelajari masalah-masalah
sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial
Sebagai contoh dari konsep dari semacam itu,maka dapat kita pahami dan
sadari bahwa didalam masyarakat selalu terdapat :
1) Persamaaan dan perbedaan pola pemikiran
dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan
2) Persamaan dan perbedaan kepentingan
Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya
konflik/pertentangan,kerjasama,dan kesetikawanan antar individu dan golongan
3) Masalah-masalah yang timbul dalam
masyarakat,biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang
antara satu dengan yang lain saling berkaitan.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial
Dasar terdiri dari 8 pokok bahasan.Dari ke delapan pokok bahasan tersebut maka
diharapkan mempelajari dan memahami adanya:
i. Berbagai
masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan
kebudayaan.
Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat,mendorong pertumbuhan aspek-aspek
kehidupan yang meliputi aspek sosial,ekonomi, poltikKebudayaan dan
sebagainya.Dengan adanya pertumbuhan aspek-aspek kehidupan tersebut,maka
bertambahlah sistem mata pencaharian hidup dari homogen menjadi komplek
Pemanfaatan dan pengembangan akal budi telah terungkap pada perkembangan
kebudayaan,baik kebudayaan rokhaniah maupun kebudayaan kabendaan
Akibat dari perkembangan kebudayaan ini,telah mengubah cara pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan
hidupnya.
Dalam pembahasan ini akan di ulas lebih jauh lagi mengenai petumbuhan
penduduk ,perkembangan kebudayaan dan timbulnya pranata-pranata sebagai akibat
perkembangan kebudayaan .
ii. Masalah individu,keluarga dan masyarakat
iii. Masalah pemuda dan sosialisasi
iv. Masalah hubungan antara warga negara dan
negara
v. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan
derajat
vi. Masalah masyarakat perkotaan dan
masyarakat pedesaan
vii. Masalah pertentangan-pertentangan sosial
dan integrasi
viii. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi
bagi kemakmuran dan
kesejahteraan masyarakat
2.8 PENGERTIAN MASALAH SOSIAL
Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah
sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam
masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial
yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam
masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti
tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan
lain sebagainya.
Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis
faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan,
dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.
2.9 CONTOH MASALAH SOSIAL
- Masih banyaknya tindakan kriminal atau kejahatan
- Tidak meratanya pertumbuhan penduduk
- Membuang sampah tidak pada tempatnya
- Adanya pencemaran lingkungan
- Terjadi kebakaran
- Merusaknya fasilitas-fasilitas umum
- Mengkonsumsi narkoba dan minuman keras
BAB III
PENUTUP
3.1 SIMPULAN
Berdasarkan
uraian bahasan “Apakah ISD Itu?” dapat disimpulkan bahwa :
v
Dalam kehidupan pastinya ada
individu,lingkungan,keluarga ,dan masyarakat
v
Nantinya akan saling terkait antara ke empat
aspek tersebut
v
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang
menelaah masalah-masalah sosial,
v
Melatih
kepekaan terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam
usaha-usaha menanggulanginya
v
ISD
membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa
v
Agar
mahasiswa memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat
3.2 SARAN
Bertolak dari peranan Ilmu Sosial
Dasar untuk membantu mahasiswa mengaplikasikan kemampuan profesionalnya, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
ü
Mahasiswa
seharusnya mempelajari dengan sungguh-sungguh
ü
Mahasiswa
seharusnya tidak hanya mempelajarinya saja tapi diterapkan di kemudian hari
ü
Mhasiswa
seharusnya mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh karena dapat
membantunya memahami Ilmu Sosial Dasar
3.3 DAFTAR PUSTAKA
- Katuuk,Neltje.F dan Harwantiyoko,1997,MKDU ILMU SOSIAL DASAR,Depok,Gunadarma
- http://muchammadekodarwanto.blogspot.com/2011/09/isd-sebagai-salah-satu-mkdu.html
No comments:
Post a Comment