Menu

Monday, 1 October 2012



KATA PENGANTAR







Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui tentang ilmu sosial dasar yang yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Makalah ini memuat tentang “Apakah ISD Itu?” dan sengaja dipilih karena itulah tema yang harus dibuat untuk tugas softskill  agar mahasiswa mengetahui hal-hal apa saja yang berhubunagn dengan ilmu sosial dasar

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.












Penulis,







DAFTAR ISI



   

KATAPENGANTAR................................................................................ ii                                               
DAFTAR ISI................................................................................................iii                          

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah........................................................................     1
1.2 Pembatasan Masalah.............................................................................     1
1.3 Perumusan masalah...............................................................................      2

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Kemampuan dan Ilmu Sosial Dasar......................................................       3
2.2 Latar Belakang Ilmu Sosial Dasar........................................................        5
2.3 Tema Pokok Perkuliahan Ilmu Sosial Dasar.........................................       5
2.4 Materi ISD(Ilmu Sosial Dasar).............................................................       5
2.5 Pengertian..............................................................................................    6
2.6 Tujuan....................................................................................................    6
2.7 Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar..........................................................       7
2.8 Pengertian Masalah Sosial....................................................................       9
2.9 Contoh Masalah Sosial..........................................................................     9


BAB III PENUTUP.

3.1 Simpulan................................................................................................    10
3.2 Saran......................................................................................................   10

Daftar Pustaka..............................................................................................    11.




BAB I

PENDAHULUAN



1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

            Dalam kehidupan bermasyarakat ada beberapa unsur yang saling berkaitan yaitu,individu,keluarga,lingkungan,dan masyarakat.Sehingga sebagai mahasiswa dituntut mengetahui apa saja hubungan  timbal balik antara keempat unsur tersebut.

            Nantinya mahasiswa akan menjadi tenaga ahli yang akan terjun ke dalam kehidupan bermasyarakat.Supaya dapat mengaplikasikan ilmunya secara total dan benar dengan mempertimbaangkan ke empat unsur tersebut.Bisa dikatakan agar lebih peka terhadap kejadia atau peristiwa social yang sedang terjadi sehingga mungkin saja bisa membantu kejadian atau peristiwa social yang terjadi.

            Selain itu ilmu sosial dasar juga peting agar mahasiswa tetap cinta tanah air,bangsa dan negar sehingga dapat membantu pembangunan negara di kemudian hari.Juga agar mahasiswa menjaga pribadinya menjadi pribadi yang sopan,santun dan tidak berbuat yang anarkhis.

            Judul makalah ini sengaja dipilih karena itulah tema yang harus dibuat untuk tugas softskill  agar mahasiswa mengetahui hal-hal apa saja yang berhubunagn dengan ilmu sosial dasar

1.2 PEMBATASAN MASALAH.

            Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :

  1. Kemampuan dan ilmu sosial dasar

  1. Latar belakang Ilmu Sosial Dasar

  1. Tema pokok perkuliahan Ilmu Sosial Dasar

  1. Materi Ilmu Sosial Dasar

  1. Pengertian-pengertian Ilmu Sosial Dasar

  1. Tujuan dipelajarinya Ilmu Sosial Dasar

  1. Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar

  1. Pengertian masalah sosial

  1. Contoh masalah sosial



1.3 Perumusan Masalah.

            Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Apakah yang dimaksud Kemampuan dan ilmu sosial dasar?

  1. Apa latar belakang Ilmu Sosial Dasar?

  1. Apa tema pokok perkuliahan Ilmu Sosial Dasar?

  1. Apa saja materi Ilmu Sosial Dasar?

  1. Apa pengertian-pengertian Ilmu Sosial Dasar?

  1. Apa tujuan dipelajarinya Ilmu Sosial Dasar?

  1. Apa itu ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar?

  1. Apakah pengertian masalah social itu?

  1. Apa saja contoh masalah sosial?




















BAB II

PEMBAHASAN
           


2.1 Kemampuan dan Ilmu Sosial Dasar 
           
            Sebagai permulaan,dalam kehidupan ada yang namanya Tiga kelompok ilmu pengetahuan,yaitu:

  • Ilmu Alam adalah ilmu yang objeknya benda-benda alam dengan Hukum – hukum yang pasti berlaku kapanpun dan di manapun.

  • Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.

  • Ilmu Terapan adalah ilmu yang mempelajari tentang penerapan pengetahuan lebih dari satu bidang.

            Dalam  makalah ini saya akan membahas ini saya akan membahas apa itu Ilmu social dasar yang termasuk dalam 3 kelompok ilmu pengetahuan seperti yang disebutkan diatas.

            Dalam kehidupan pastinya ada individu,lingkungan,keluarga ,dan masyarakat
Nantinya akan ada suatu timbal balik antara individu dengan lingkungan,individu dengan keluarga,individu dengan masyarakat,atau hubungan yang saling berkaitan antara ke empat aspek tersebut. 
           
            Untuk itu Didalam pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilakan sarjana-sarjana yang memiliki kemampuan yang terdiri atas:

  1. Kemampuan akademik

            Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan         maupun tulisan dan mampu berpikir logis, kritis, sistematis dan analitis. Memiliki kemampuan untuk mengedintifikasi dan merumuskan masalah yang sedang dihadapi. 


  1. Kemampuan profesi

            Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang        bersangkutan. Dan mereka diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam profesinya.



  1. Kemampuan pribadi
     
            Tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap yang mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai agama, masyarakat, pancasila serta pandangan luas terhadap berbagai masalah masyarakat Indonesia. 

           
            Dengan kemampuan-kemapuan tersebut lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana yang sujana yaitu sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu mangabdiakn keahliannya untuk kepentingan masyarakat Indonesia dan umat manusia pada umumnya.

            Pencapaian kemampuan akademik dan kemampuan profesi telah diusahakan melalui mata kuliah kahlian (MKK),yaitu mata-mata kuliah menurut bidang ilmu pengetahuan masing-masing yang diberikan diperguruan tinggi.ISD disini diberikan untuk menerapkannya di dalam lingkungan masyarakat.Karena mau tidak mau para sarjana akan terjun ke dalam masyarakat.Dan harus terlibat ke dalam ke 4 aspek yang disebutkan diatas (individu,lingkungan,keluarga ,dan masyarakat).

Secara spesifik kemampuan pribadi yang hendak dicapai melalui ISD adalah bertujuan menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut:

  • Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakkannya mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepripadian yangb tinggi,yang mendahului kepentingan Nasional dank emanusiaan sebagai sarjana Indonesia.

  • Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-bersama mampu berperan serta menibgkatkan kualitasnya,maupun tentang lingkungan alamiah serta bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.

  • Memiliki wawasan sejarah perjuangan bangsa , sehingga dapat memperkuat semangat kebangsaan , mempertebal rasa cinta Tanah Air,meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara,mempertinggi kebanggaan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia

  • Memiliki wawasan komperhensif dan pendekatan integral di dalam menyingkapi permasalahan kehidupan,baik sosial,ekonomi,politik,pertahanan keamanan maupun kebudayaan.






2.2 LATAR BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR

            Banyaknya kritik yang ditunjukkan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa sistem pendidikan yang diberikan masih berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Yang pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi tukang yang mengisi birokrasi mereka.
Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.
            Sedangkan tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan mempunyai tiga kemampuan, yaitu personal, akademis dan profesional.


2.3 TEMA POKOK PERKULIAHAN
       ILMU SOSIAL DASAR

Tema pokok perkuliahan ISD adalah hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungannya.Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan-kenyataa soaial dan masalah-masalah social yang penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin(interdisiplin dan atau multidisiplin dengan memanfaatkan pengertian-pengertian(fakta,konsep,teori) yang berhasal dari lapangan ilmu-ilmu social seperti:sejarah,ekonomi,geografi social,sosiologi antropologi dan psikologi sosial.


2.4 MATERI ISD

            Materi ISD terdiri dari masalah-masalah social dengan demikian bahan mata pelajaran ISD dapat dibedakan atas 3 golongan :

1. Kenyataan social yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu., karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.

2. Konsep / pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dipahami dalam IPS.

3.Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-keyataan social yang antara 1 dengan yang lainnya saling berkaitan




2.5 PENGERTIAN
     
            Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social,khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian- pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapanganilmu-ilmu sosial seperti:sejarah,ekoniomi,geografi social,sosiologi,antropologi,psikologi soaial.

Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu social yang dipadukan,karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memilki obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial lainnya.

Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus di rancang di perguruan tinggi.Teganya mata kuliah ilmu sosial dasar di berikandalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkajigejala-gejala sosial agar daya tanggap,persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan,sehingga lebih peka terhadapnya.

            Ilmu sosial dasar adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. ISD memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.


2.6 TUJUAN

Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dsar umum,Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembianaan mahasiswa agar:

a)      Mahasiswa dapat memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

b)      Mahasiswa peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.

c)      Mahasiswa menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya,mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.

d)      ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri2 kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dgn sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia2 lain, serta sikap dan tingkah laku manusia2 lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.

e)      Mahasiswa memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

f)        Agar mahasiswa memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat. agar tidak terjadi keributan ataupun kericuhan.



2.7 RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR

            ISD meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga2 sosial. Yg terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
            Sasaran STUDI ISD adalah aspek2 yg paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah2 yg terwujud dari padanya.
            Untu itu Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial.Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial,hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.Dengan demikian Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan dalam tiga golongan yaitu:

·        Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat ,yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.

Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial,karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.Dalam Imu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin

·        Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasaratau elementar saja yang sangat diperlukanuntuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial

Sebagai contoh dari konsep dari semacam itu,maka dapat kita pahami dan sadari bahwa didalam masyarakat selalu terdapat :

1)      Persamaaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan

2)      Persamaan dan perbedaan kepentingan

Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya konflik/pertentangan,kerjasama,dan kesetikawanan antar individu dan golongan

3)      Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat,biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berkaitan.

Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 pokok bahasan.Dari ke delapan pokok bahasan tersebut maka diharapkan mempelajari dan memahami adanya:

                                            i. Berbagai  masalah kependudukan dalam hubungannya dengan            perkembangan masyarakat dan kebudayaan.

Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat,mendorong pertumbuhan aspek-aspek kehidupan yang meliputi aspek sosial,ekonomi, poltikKebudayaan dan sebagainya.Dengan adanya pertumbuhan aspek-aspek kehidupan tersebut,maka bertambahlah sistem mata pencaharian hidup dari homogen menjadi komplek

Pemanfaatan dan pengembangan akal budi telah terungkap pada perkembangan kebudayaan,baik kebudayaan rokhaniah maupun kebudayaan kabendaan

Akibat dari perkembangan kebudayaan ini,telah mengubah  cara pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam pembahasan ini akan di ulas lebih jauh lagi mengenai petumbuhan penduduk ,perkembangan kebudayaan dan timbulnya pranata-pranata sebagai akibat perkembangan kebudayaan . 

                                           ii. Masalah individu,keluarga dan masyarakat

                                         iii. Masalah pemuda dan sosialisasi

                                         iv. Masalah hubungan antara warga negara dan negara

                                          v. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat

                                         vi. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan

                                       vii. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi

                                      viii. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan
kesejahteraan masyarakat






2.8 PENGERTIAN MASALAH SOSIAL

            Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

            Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :

1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.

2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.

3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.

4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.


2.9 CONTOH MASALAH SOSIAL

  1. Masih banyaknya tindakan kriminal atau kejahatan

  1. Tidak meratanya pertumbuhan penduduk

  1. Membuang sampah tidak pada tempatnya

  1. Adanya pencemaran lingkungan

  1. Terjadi kebakaran

  1. Merusaknya fasilitas-fasilitas umum

  1. Mengkonsumsi narkoba dan minuman keras





BAB III

PENUTUP

3.1 SIMPULAN

            Berdasarkan uraian bahasan “Apakah ISD Itu?” dapat disimpulkan bahwa :

v     Dalam kehidupan pastinya ada individu,lingkungan,keluarga ,dan masyarakat

v     Nantinya akan saling terkait antara ke empat aspek tersebut

v     Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial,

v     Melatih kepekaan terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya

v     ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa

v     Agar mahasiswa memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat



3.2 SARAN

            Bertolak dari peranan Ilmu Sosial Dasar untuk membantu mahasiswa mengaplikasikan kemampuan profesionalnya, penyusun memberikan saran sebagai berikut:

ü      Mahasiswa seharusnya mempelajari dengan sungguh-sungguh

ü      Mahasiswa seharusnya tidak hanya mempelajarinya saja tapi diterapkan di kemudian hari

ü      Mhasiswa seharusnya mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh karena dapat membantunya memahami Ilmu Sosial Dasar







3.3 DAFTAR PUSTAKA


  1. Katuuk,Neltje.F dan Harwantiyoko,1997,MKDU ILMU SOSIAL DASAR,Depok,Gunadarma

  1. http://muchammadekodarwanto.blogspot.com/2011/09/isd-sebagai-salah-satu-mkdu.html

  1. http://aero-7.blogspot.com/2011/10/tujuan-dari-isd-untuk-pembinaan.html#ixzz27hQoJyZT













No comments:

Post a Comment